Selasa, 24 Juni 2014

Delphi 7 - Program Setengah Diamond

   Oke kali ini saya akan post program sederhana Perulangan untuk menampilkan Setengah Diamond , pertama kita akan membahas pengertian Delphi. Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) perulangan . Sedangkan Perulangan adalah cara mengulang perintah-perintah sampai pada kondisi tertentu.


    Oke langsung saja kita buat programnya , pertama tama kita buka Delphi dahulu , pada program ini saya menggunakan Delphi 7 Second Edition. Disini kita akan membuat program Perulangan dengan tema menampilkan Setengah Diamond. Seperti ini tampilannya :



Pada Form1 diatas kita membutuhkan beberapa komponen yaitu :
1. 2 Label dengan Caption :
    - Perulangan Delphi
    - Masukkan Tinggi :
2. 2 Edit Box dengan Text dikosongkan semua.
3. 3 Button dengan Caption :
    - Proses
    - Clear
    - Exit

Berikut sintaks pada Form1 / Unit1 :






procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

var a,i,j: Integer;

bintang : String;

begin

ListBox1.Clear;

a := StrToInt(Edit1.Text);

bintang := '*';

for i := 1 to a Do

begin

ListBox1.Items.Add(bintang);

bintang := bintang +' *';

end;

For i := a-1 DownTo 1 Do

begin

bintang:= '';

for j := 1 To i Do

begin

bintang := bintang +'* ';

end;

ListBox1.Items.Add(bintang);

end;

end;



procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);

begin

ListBox1.Clear;

Edit1.Clear;

Edit1.SetFocus;

end;



procedure TForm1.Button5Click(Sender: TObject);

begin

If application.MessageBox('Apakah Anda Yakin Ingin Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then

begin

application.MessageBox('Terima Kasih :)','Selamat Tinggal');

application.Terminate;

end;

end;



procedure TForm1.editnumber(Sender: TObject; var Key: Char);

begin

If Not (Key In['0'..'9',#8,#13]) Then

Key := #0;

end;

end.



  • Logika Program       

- Pembahasan logika program pada Button Proses.

procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

var a,i,j: Integer;

bintang : String;

begin

ListBox1.Clear;

a := StrToInt(Edit1.Text);

bintang := '*';

for i := 1 to a Do

begin

ListBox1.Items.Add(bintang);

bintang := bintang +' *';

end;

For i := a-1 DownTo 1 Do

begin

bintang:= '';

for j := 1 To i Do

begin

bintang := bintang +'* ';

end;

ListBox1.Items.Add(bintang);

end;

end;


1. procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);

Sintaks diatas menjelaskan bahwa Button1 yang berada pada Form1 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya.

2. Var a,i,j: Integer;

bintang : String;

Sintaks diatas berguna untuk mendeklarasikan variable a,i dan j bertipe data Integer dan untuk variable bintang bertipe data String.

3. Begin

Sintaks diatas adalah penulisan awal ketika ingin menuliskan sintaks.

4. ListBox1.Clear;
Sintaks diatas berfungsi untuk menghapus data yang berada pada ListBox1.

5. a := StrToInt(Edit1.Text);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa variable a adalah Edit1 dan dikonfrensikan dari type data String ke Integer.

6. bintang := '*';
Sintaks diatas menjelaskan bahwa variable bintang berisi nilai “*”.

7. For i := 1 to a Do

Begin

ListBox1.Items.Add(bintang);

bintang := bintang +'*';

end;


Sintaks diatas menjelaskan perulangan untuk variable i sama dengan 1 sampai variable a dan akan menampilkan perulangan variable bintang pada ListBox1, lalu variable bintang ditambah “*” setiap perulangan.

8. For i := a-1 DownTo 1 Do

begin

bintang:= '';

Sintaks diatas menjelaskan perulangan untuk variable i sama dengan variabel a dikurang 1 Turun ke 1 dan merubah isi dari variabel bintang menjadi ‘’ (kosong).

9. for j := 1 To i Do

begin

bintang := bintang +'* ';

end;


Sintaks diatas menjelaskan perulangan untuk variable j sama dengan 1 sampai variable i dan variable bintang ditambah “*” setiap perulangan.

10. ListBox1.Items.Add(bintang);

end;

Sintaks diatas berfungsi untuk menampilkan variabel bintang pada ListBox1.

11. end.
Sintaks diatas berguna untuk menutup keseluruhan sintaks pada button Proses.
- Pembahasan program pada tombol Clear . 

procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);

begin

ListBox1.Clear;

Edit1.Clear;

Edit1.SetFocus;

end;


1. procedure TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa Button3 yang berada pada Form1 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya.

2. ListBox1.Clear;
Sintaks diatas berfungsi untuk menghapus data yang berada pada ListBox1.

3. Edit1.Clear;
Sintaks diatas berfungsi untuk menghapus data yang berada pada Edit1.

4. Edit1.SetFocus;
Sintaks diatas berfungsi untuk meletakan kursos aktif pada EditBox1 saat tombol diklik.

5. End.
Sintaks diatas berguna untuk menutup keseluruhan sintaks pada button Clear
- Pembahasan program pada tombol Exit.

procedure TForm1.Button5Click(Sender: TObject);

begin

If application.MessageBox('Apakah Anda Yakin Ingin Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then

begin

application.MessageBox('Terima Kasih :)','Selamat Tinggal');

application.Terminate;

end;

end;


1. procedure TForm1.Button5Click(Sender: TObject);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa Button5 yang berada pada Form1 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya.

2. Begin
Sintaks diatas adalah penulisan awal ketika ingin menuliskan sintaks.

3. If application.MessageBox('Apakah Anda Yakin Ingin Keluar','Warning',MB_YesNo)=ID_Yes Then

begin

application.MessageBox('Terima Kasih :)','Selamat Tinggal');

application.Terminate;

end;


Sintaks diatas berfungsi untuk pertanyaan ‘Apakah Anda Yakin Ingin Keluar ?’ , penjelasan nya adalah jika Yakin ingin keluar dan di klik YES maka akan menampilkan MessageBox ‘Terima Kasih :)’ dan akan langsung keluar dari program.

4. End.
Sintaks diatas berguna untuk menutu keseluruhan sintaks pada button Exit.

-Pembahasan program EditBox1 pada Form1.

procedure TForm1.editnumber(Sender: TObject; var Key: Char);

begin

If Not (Key In['0'..'9',#8,#13]) Then

Key := #0;

end;

end. 

1. procedure TForm1.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa EditBox1 yang berada pada Form1 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya..

2. begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then

Key := #0;

end; 

Sintaks diatas berfungsi untuk mengharuskan EditBox1 hanya bisa di isi oleh numeric.

   Sekian penjelesan tentang pembuatan program sederhana tentang perulangan menampilkan setengah bintang , semoga bermanfaat dan berguna , Terima kasih .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar