Selasa, 24 Juni 2014

Delphi 7 - Percabangan Pada Delphi


   Oke kali ini saya akan membuat program sederhana pada Delphi yaitu program Percabangan. Pertama pengertian Delphi , Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan . Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi .
Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ; Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance ( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .

        Oke langsung kita buat programnya pertama tama kita buka Delphi dulu , pada program ini saya menggunakan Delphi 7 Second Edition. Disini kita akan membuat program Percabangan dengan tema Pengecekan Nilai. Seperti ini tampilannya :








Pada Form2 diatas kita membutuhkan komponen sebagai berikut :

1. 5 Label dengan Caption :

- Check Nilai

- Masukkan Nilai UTS Anda :

- Masukkan Nilai UAS Anda :

- Nilai Anda :

- Grade :

2. 4 EditBox dengan properties Text dikosongkan .

3. 3 Button dengan Caption :

- Reset

- Check

- Exit


Berikut sintaks pada Form2 :





procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);

var

uts,uas : Integer;

Jumlah : Real;

begin

uts := strToInt (Edit1.Text);

uas := strToInt (Edit2.Text);

Jumlah := (uts+uas)/2;

Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);

If Jumlah >=80 Then

begin

Edit4.Text := 'A';

End

Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then

begin

Edit4.Text := 'B';

End

Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59) Then

begin

Edit4.Text := 'C';

End

Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then

begin

Edit4.Text := 'D';

End

Else

Edit4.Text := 'E'

end;


procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);

begin

Edit1.Clear;

Edit2.Clear;

Edit3.Clear;

Edit4.Clear;

Edit1.SetFocus;

end;


procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);

begin

If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then

Key:= #0;

end;


procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);

begin

Edit1.MaxLength := 3

end;


procedure TForm2.Edit2Change(Sender: TObject);

begin

Edit2.MaxLength := 3;

end;

end.


- Pembahasan program tombol Check pada Unit2 

1. procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);

Sintaks diatas menjelaskan bahwa Button1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya.

2. Var

uts,uas : Integer;

Jumlah : Real;

Sintaks diatas berguna untuk mendekralasikan variable uts dan uas sebagai integer dan variable Jumlah sebagai bilangan Real.

3. Begin

Sintaks diatas adalah penulisan awal ketika ingin menuliskan sintaks.

4. uts := strToInt (Edit1.Text);

Sintaks diatas berguna untuk penamaan variable Edit1.Text sama dengan uts dan untuk mengkonfrensikan dari tipe data string ke integer.

5. uas := strToInt (Edit2.Text);

Sintaks diatas berguna untuk penamaan variable Edit2.Text sama dengan uas dan untuk mengkonfrensikan dari tipe data string ke integer.

6. Jumlah := (uts+uas)/2;

Sintaks diatas merupakan rumus untuk menghitung nilai akhir dari UTS dan UAS , cara penghitungannya adalah nilai UTS ditambah nilai UAS lalu dibagi 2.

7. Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);

Sintaks diatas berguna untuk menampilkan hasil output dari variable Jumlah di EditBox3 dan mengkonfrensika tipe data Float ke String.

8. If Jumlah >=80 Then

begin

Edit4.Text := 'A';

End

Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besarsama dengan 80 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “A”.

9. Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then

begin

Edit4.Text := 'B';

End

Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besar sama dengan 60 dan lebih kecil sama dengan 79 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “B”.

10. Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59) Then

       begin

       Edit4.Text := 'C';

       End

Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besar sama dengan 40 dan lebih kecil sama dengan 59 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “C”.

14. Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then

      begin

      Edit4.Text := 'D';

      End

Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besar sama dengan 20 dan lebih kecil sama dengan 39 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “D”.

18. Else

      Edit4.Text := 'E';

      end;

Sintaks diatas berguna ketika statement if tidak ada yang valid atau tidak ada yang benar maka Pada EditBox4 akan menampilkan ouput ‘E’.


- Pembahasan program Reset pada Form2 

1. procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);

Sintaks diatas menjelaskan bahwa Button1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya..

2. begin

Sintaks diatas adalah penulisan awal ketika ingin menuliskan sintaks.

3. Edit1.Clear;

Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.

4. Edit2.Clear;

Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.

5. Edit3.Clear;

Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.

6. Edit4.Clear;

Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.

7. Edit1.SetFocus;

end;

Sintaks diatas berguna untuk saat tombol diklik maka cursor akan focus ke EditBox1.


- Pembahasan program EditBox1 pada Form2

1. procedure TForm2.editnomerKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);

Sintaks diatas menjelaskan bahwa EditBox1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya..

2. begin
    If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then

    Key := #0;

    end;

Sintaks diatas berfungsi untuk mengharuskan EditBox1 hanya bisa di isi oleh numeric.


- Pembahasan program EditBox1 Pada Form2.

1. procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);

Sintaks diatas menjelaskan bahwa EditBox1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya..

2. begin

    Edit1.MaxLength := 3;

    end;

Sintaks diatas berfungsi untuk mengharuskan EditBox1 hanya bisa di input 3 digit.


- Pembahasan program EditBox2 pada Form2.

1. procedure TForm2.Edit2Change(Sender: TObject);

Sintaks diatas menjelaskan bahwa EditBox2 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya.

2. begin

    Edit2.MaxLength := 3;

    end;

Sintaks diatas berfungsi untuk mengharuskan EditBox2 hanya bisa di input 3 digit.

3. end.

Sintaks diatas berguna untuk menutup seluruh sintaks.

Berikut output dari program tadi :







Sekian program sederhana Percabangan pada Delphi , semoga bermanfaat dan berguna , maaf kalo ada salah salah kata , Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar