Oke kali ini saya akan membuat program sederhana pada Delphi yaitu program Percabangan. Pertama pengertian Delphi , Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Namun Delphi menggunakan bahasa yang hampir sama dengan pascal (sering disebut objeck pascal ) . Sehingga lebih mudah untuk digunakan . Bahasa pemrograman Delphi dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik embarcadero . Divisi tersebut awalnya milik borland , sehingga bahasa ini memiliki versi Borland Delphi .
Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya . Hal itu bisa dilakukan dengan cara mendesign objek untuk menyelesaikan masalah . OOP ini memiliki beberapa unsur yaitu ; Encapsulation ( pemodelan ) , Inheritance ( Penurunan ) , Polymorphism ( Polimorfisme ) .
Oke langsung kita buat programnya pertama tama kita buka Delphi dulu , pada program ini saya menggunakan Delphi 7 Second Edition. Disini kita akan membuat program Percabangan dengan tema Pengecekan Nilai. Seperti ini tampilannya :
Pada Form2 diatas kita membutuhkan komponen sebagai berikut :
1. 5 Label dengan Caption :
- Check Nilai
- Masukkan Nilai UTS Anda :
- Masukkan Nilai UAS Anda :
- Nilai Anda :
- Grade :
2. 4 EditBox dengan properties Text dikosongkan .
3. 3 Button dengan Caption :
- Reset
- Check
- Exit
Berikut sintaks pada Form2 :
procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var
uts,uas : Integer;
Jumlah : Real;
begin
uts := strToInt (Edit1.Text);
uas := strToInt (Edit2.Text);
Jumlah := (uts+uas)/2;
Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
If Jumlah >=80 Then
begin
Edit4.Text := 'A';
End
Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
begin
Edit4.Text := 'B';
End
Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59) Then
begin
Edit4.Text := 'C';
End
Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then
begin
Edit4.Text := 'D';
End
Else
Edit4.Text := 'E'
end;
procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Edit1.SetFocus;
end;
procedure TForm2.editnumberKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
Key:= #0;
end;
procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
begin
Edit1.MaxLength := 3
end;
procedure TForm2.Edit2Change(Sender: TObject);
begin
Edit2.MaxLength := 3;
end;
end.
- Pembahasan program tombol Check pada Unit2
1. procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa Button1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya.
2. Var
uts,uas : Integer;
Jumlah : Real;
Sintaks diatas berguna untuk mendekralasikan variable uts dan uas sebagai integer dan variable Jumlah sebagai bilangan Real.
3. Begin
Sintaks diatas adalah penulisan awal ketika ingin menuliskan sintaks.
4. uts := strToInt (Edit1.Text);
Sintaks diatas berguna untuk penamaan variable Edit1.Text sama dengan uts dan untuk mengkonfrensikan dari tipe data string ke integer.
5. uas := strToInt (Edit2.Text);
Sintaks diatas berguna untuk penamaan variable Edit2.Text sama dengan uas dan untuk mengkonfrensikan dari tipe data string ke integer.
6. Jumlah := (uts+uas)/2;
Sintaks diatas merupakan rumus untuk menghitung nilai akhir dari UTS dan UAS , cara penghitungannya adalah nilai UTS ditambah nilai UAS lalu dibagi 2.
7. Edit3.Text := FloatTostr (Jumlah);
Sintaks diatas berguna untuk menampilkan hasil output dari variable Jumlah di EditBox3 dan mengkonfrensika tipe data Float ke String.
8. If Jumlah >=80 Then
begin
Edit4.Text := 'A';
End
Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besarsama dengan 80 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “A”.
9. Else If (Jumlah >= 60) And (Jumlah <=79) Then
begin
Edit4.Text := 'B';
End
Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besar sama dengan 60 dan lebih kecil sama dengan 79 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “B”.
10. Else If (Jumlah >= 40) And (Jumlah <=59) Then
begin
Edit4.Text := 'C';
End
Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besar sama dengan 40 dan lebih kecil sama dengan 59 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “C”.
14. Else If (Jumlah >= 20) And (Jumlah <=39) Then
begin
Edit4.Text := 'D';
End
Sintaks diatas mejelaskan jika nilai variable Jumlah lebih besar sama dengan 20 dan lebih kecil sama dengan 39 maka pada EditBox4 akan menampilkan output “D”.
18. Else
Edit4.Text := 'E';
end;
Sintaks diatas berguna ketika statement if tidak ada yang valid atau tidak ada yang benar maka Pada EditBox4 akan menampilkan ouput ‘E’.
- Pembahasan program Reset pada Form2
1. procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa Button1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya..
2. begin
Sintaks diatas adalah penulisan awal ketika ingin menuliskan sintaks.
3. Edit1.Clear;
Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.
4. Edit2.Clear;
Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.
5. Edit3.Clear;
Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.
6. Edit4.Clear;
Sintaks diatas berguna untuk membersihkan isi dari EditBox1.
7. Edit1.SetFocus;
end;
Sintaks diatas berguna untuk saat tombol diklik maka cursor akan focus ke EditBox1.
- Pembahasan program EditBox1 pada Form2
1. procedure TForm2.editnomerKeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa EditBox1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya..
2. begin
If Not (Key in['0'..'9',#8,#13]) Then
Key := #0;
end;
Sintaks diatas berfungsi untuk mengharuskan EditBox1 hanya bisa di isi oleh numeric.
- Pembahasan program EditBox1 Pada Form2.
1. procedure TForm2.Edit1Change(Sender: TObject);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa EditBox1 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya..
2. begin
Edit1.MaxLength := 3;
end;
Sintaks diatas berfungsi untuk mengharuskan EditBox1 hanya bisa di input 3 digit.
- Pembahasan program EditBox2 pada Form2.
1. procedure TForm2.Edit2Change(Sender: TObject);
Sintaks diatas menjelaskan bahwa EditBox2 yang berada pada Form2 jika diklik maka akan menjalankan sintaks selanjutnya.
2. begin
Edit2.MaxLength := 3;
end;
Sintaks diatas berfungsi untuk mengharuskan EditBox2 hanya bisa di input 3 digit.
3. end.
Sintaks diatas berguna untuk menutup seluruh sintaks.
Berikut output dari program tadi :
Sekian program sederhana Percabangan pada Delphi , semoga bermanfaat dan berguna , maaf kalo ada salah salah kata , Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar